SAFARI DOA ROSARIO 2018


Sejarah Singkat
Gereja menetapkan bulan Oktober sebagai bulan Rosario karena merujuk pada sebuah peristiwa bersejarah di Lepanto pada 1571. Ketika itu terjadi perang di Lepanto di mana negara-negara Eropa diserang oleh pasukan dari kerajaan Ottoma. 

Ketika itu, pasukan Turki sangat banyak dan tampaknya akan mengalahkan pasukan Katolik yang berusaha mempertahankan sebagian besar wilayah Eropa dari jangkauan pasukan Turki. 

Don Juan (John) dari Austria, komandan armada Katolik mengajak para pasukannya untuk berdoa Rosario, mohon pertolongan Bunda Maria. Kemudian, hal yang sama dilakukan oleh umat Katolik di seluruh daratan Eropa.

Pada 7 Oktober 1571, Paus Pius V mengajak semua umat beriman untuk berdoa Rosario di Basilika Santa Maria Maggiore. Dari subuh hingga petang mereka terus mendaraskan doa Rosario tanpa henti untuk mendoakan pertempuran di Lepanto.

Berkat doa Rosario dan perjuangan para tentara Katolik, akhirnya para tentara Katolik memenangkan pertempuran yang semula mustahil itu. Sejak saat itu, Paus Pius V menetapkan peringatan Rosario dalam Misa di Vatikan setiap 7 Oktober. Dan penerusnya, Paus Gregorius XIII, menetapkan 7 Oktober sebagai Hari Raya Rosario Suci. Dalam perkembangan selanjutnya, Gereja menetapkan bulan Oktober sebagai bulan Rosario.

Source: https://amorpost.com/ini-dua-keistimewaan-berdoa-rosario-di-bulan-oktober-tahun-ini-2/


Pada Sabtu, 6 Oktober 2018 minggu lalu, SDK St. Vincentius melakukan kegiatan Safari Doa Rosario di beberapa Gereja yang memiliki Gua Maria. Adapun Gereja yang dikunjungi adalah Paroki St. Vincentius A Paulo - Widodaren, Paroki Kelahiran St. Perawan Maria - Kepanjen, Paroki St. Mikael - Perak, Gereja St. Aloysius Gonzaga, dan Paroki Redemptor Mundi. 

 Kegiatan Safari Doa Rosario tersebut diwakili oleh beberapa murid kelas 4,5, dan 6 yang terpilih dalam tim petugas doa dan tim pelayanan liturgi. Mereka semua yang ikut ambil bagian dalam Safari Doa Rosario sangat berantusias dalam mengikuti safari doa tersebut. Tidak lupa juga mereka didampingi oleh beberapa guru yang turut ikut ambil bagian.

Tujuan dari kegiatan Safari Doa Rosario ini adalah untuk meningkatkan minat anak agar mau ikut terlibat aktif dalam tugas doa rosario dan pelayanan doa.