Hari Pramuka Indonesia


Tanggal 14 Agustus setiap tahunnya di peringati sebagai Hari Pramuka Indonesia. Pada tahun ini, Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) telah merayakan ulang tahunnya yang ke-57. Pada 14 Agustus 1961, secara resmi Gerakan Pramuka di perkenalkan kepada masyarakat setelah Presiden Sukarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keppres Nomor 448 Tahun 1961 yang akhirnya menjadi tonggak lahirnya gerakan kepanduan.

Pada peringatan Hari Pramuka Indonesia yang ke-57, Pramuka tahun ini mengangkat tema "Pramuka Perekat NKRI." Adapun menurut Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si selaku Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menegaskan dalam sambutannya bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.

Tak ketinggalan, SDK St. Vincentius 1 Surabaya juga ikut ambil bagian dalam memperingati Hari Pramuka Indonesia yang ke-57. Mulai dari siswa-siswi hingga para guru dan karyawan SDK St. Vincentius 1 Surabaya mengenakan seragam pramuka sebagai bentuk keterlibatan mereka dalam meraakan Hari Pramuka Indonesia. Tak lupa juga SDK St. Vincentius 1 Surabaya juga ikut melaksanakan upacara Hari Pramuka Indonesia.