Let's Go Back To School!


    Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau yang biasa dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) adalah sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.
    
    
    MPLS diselenggarakan agar siswa lebih mengenal lingkungan tempat para siswa-siswi belajar. Tidak hanya itu, MPLS sendiri juga membantu siswa untuk memudahkan mereka berinteraksi dengan teman setingkat maupun yang lainnya. 

    Hal itu pun yang juga mendasari SDK St. Vincentius 1 Surabaya melaksanakan kegiatan MPLS. Tema besar yang diambil sekolah untuk tahun ajaran baru ini adalah Mandiri dan Berprestasi. Dengan adanya tema tersebut, sekolah berharap para siswa-siswi mampu menjadi pribadi yang lebih mandiri dan berprestasi terlebih lagi dengan kondisi yang ada sekarang. Pendidikan di seluruh dunia sedang berada di tahap pemulihan setelah pandemi.

    Untuk MPLS Hari Pertama (Senin, 18 Juli 2022), pihak sekolah mengambil sub tema "Kenali Sekolahmu". Sub tema ini lebih di khususkan untuk siswa-siswi kelas 1 baru yang baru saja menjadi bagian dari SDK St. Vincentius 1 supaya mengenal sekolah dan tata ruang yang ada di sekolah.



    Semua siswa-siswi baru SDK St. Vincentius 1 sangat antusias mengikuti kegiatan MPLS terutama saat diajak berkeliling sekolah untuk mengenal lingkungan sekolahnya. Meskipun masih ada beberapa siswa-siswi yang masih belum bisa beradaptasi dengan suasana sekolah SD.

    Untuk MPLS Hari Kedua (Selasa, 19 Juli 2022), pihak sekolah mengambil sub tema "PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)". Hal ini diperuntukkan agar siswa-siswi SDK St. Vincentius 1 agar selalu menjaga kebersihan dan hidup sehat. Berdasarkan laman Kementrian Kesehatan, PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. (Source: PHBS


    Bu Ima selaku wali kelas 5C diberi kepercayaan untuk memberikan paparan mengenai materi PHBS terutama tentang hal-hal yang bisa dilakukan siswa-siswi selama berada di sekolah. Seperti tidak lupa mengingatkan dan menghimbau agar seluruh warga SDK St. Vincentius 1 Surabaya untuk tetap menaati protokol kesehatan.

    Tidak hanya itu, dari paparan yang telah dibawakan oleh Bu Ima, para siswa-siswi diajak untuk menjawab pertanyaan seputar materi. Jawaban yang benar dari pertanyaan yang diberikan akan mendapatkan hadiah menarik atas kesungguhan mereka dalam menyimak.




    Untuk MPLS Hari Ketiga (Rabu, 20 Juli 2022), SDK St. Vincentius 1 Surabaya mengadakan penutupan kegiatan MPLS dengan mengadakan Perayaan Ekaristi bersama yang dipimpin oleh Romo Priambodo, CM. Adapun harapan yang di doakan dalam Perayaan Ekaristi tersebut adalah agar di awal pembelajaran tahun ajaran yang baru ini sekolah akan terus bersemangat untuk memberikan yang terbaik untuk anak didik yang ada. Tidak hanya itu, kegiatan MPLS tersebut juga ditutup dengan penyerahan perwakilan siswa-siswi baru dari orang tua ke pihak sekolah.